Haruskah Anda Keluar Dari Zona Nyaman Untuk Menjadi Sukses?

Anda mungkin sudah sering menemukan seruan untuk keluar dari zona nyaman, entah dalam buku pengembangan diri, poster motivasi, dan lain-lain. Namun, benarkah keluar dari zona nyaman adalah satu-satunya cara untuk berkembang? Bisakah Anda meraih tujuan ini dengan memanfaatkan zona nyaman itu sendiri? Berada dalam zona nyaman memang membuat Anda bekerja dengan stabil, tapi keluar dari zona nyaman bisa meningkatkan hasil pekerjaan Anda. Dunia luar memang penuh dengan tekanan. Namun, Anda dapat memperoleh hasil dan manfaat yang lebih besar.

Keluar dari zona nyaman merupakan pilihan. Beberapa orang merasa harus keluar dari sini dan mengambil keputusan baru untuk belajar atau mendapatkan pengalaman. Ada pula yang memilih tetap di zona nyaman karena merasa cukup dengan apa yang ia dapatkan. Jika Anda ingin keluar dari zona nyaman, tapi bingung dari mana harus memulainya, berikut kiat kiat yang bisa membantu Anda:

1. Mencari informasi

Rasa takut muncul karena Anda tidak tahu apa yang akan Anda hadapi. Maka dari itu, carilah informasi tentang kegiatan, hobi, maupun hal baru lainnya yang hendak Anda jalani nanti. Bila perlu, bertanyalah kepada orang yang mendalami bidang ini.

Contohnya, jika Anda ingin belajar bicara di depan umum, coba pelajari tekniknya dari menonton video pembawa acara, pidato, dan sejenisnya. Kenali dan catat kemampuan apa yang belum Anda miliki dari video tersebut.

2. Membuat rencana

Sebelum mengambil langkah pertama, tentukan dahulu tahap-tahapnya. Uraikan target besar Anda menjadi beberapa target kecil, dan buatlah motivasi untuk mencapai target tersebut. Berbekal informasi yang sudah Anda cari sebelumnya, coba kenali tantangan apa yang akan Anda hadapi.

Anda tentu tidak akan langsung berbicara di depan umum dalam seminar besar. Coba awali dengan memimpin doa saat makan bersama keluarga, lanjutkan dengan menjadi pembawa acara pertunangan teman, dan seterusnya.

3. Mencoba setidaknya sekali

Kunci utama keluar dari zona nyaman adalah mencoba, setidaknya sekali seumur hidup Anda. Tanpa mencoba, Anda tidak akan pernah tahu sejauh mana Anda sudah belajar dan memahami seluk-beluk di dalamnya.

Jika Anda sudah terbiasa mengisi acara kecil di lingkungan teman dekat, sekarang coba ambil kesempatan untuk menjadi pembawa acara di tempat yang betul-betul baru. Dari sini, Anda dapat mengevaluasi kelebihan dan keunggulan yang Anda miliki.

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.